June 15, 2024, 8:45 pm

Baim Wong Cerita Gagal Berangkat ke Tanah Suci karena Ditipu Biro Haji

Baim Wong Cerita Gagal Berangkat ke Tanah Suci karena Ditipu Biro Haji
JAKARTA - Selebritis, Baim Wong, menceritakan bahwa dirinya sempat gagal berangkat ke tanah suci karena ditipu oleh biro haji bodong pada tahun lalu. Dia ternyata juga bernasib seperti puluhan jemaah haji asal Indonesia yang sempat ditahan oleh pihak keamanan Arab Saudi.

Tahun lalu, sebenarnya menjadi spesial buat Baim Wong. Dia dan istri, Paula Verhoeven, tadinya disebut-sebut bakalan menunaikan rukun Islam kelima, yakni pergi haji. Segala persiapan sudah dilakukan oleh aktor yang menjadi mualaf tersebut.

Akan tetapi, ternyata dirinya gagal berangkat karena biro haji bandel. Padahal, sempat banyak isu tak sedap menghampiri ayah dua anak tersebut. Banyak yang bilang kalau Baim gagal berangkat ke Tanah Suci karena tak terima hanya ditempatkan di kelas ekonomi.

"Kadang persepsi orang ke mana-mana, waktu itu dibilang karena ga mau terima kelas ekonomi 😒- Saya hanya bisa diam. Padahal masalah intinya bukan itu," tulis Baim Wong di kolom keterangan foto yang diunggahnya di Instagram.

Lalu, Baim Wong kemudian buka suara setelah mendengar ada 22 jemaah asal Indonesia yang ditipu biro haji karena tak memiliki visa furoda. "Melihat berita ini, saya jadi keinget kejadian dulu. Selain memang saya harus menjaga Paula, alasan utamanya karena memang visanya bukan furoda," jelas dia.

Padahal kala itu, pemeran investor di film Filosofi Kopi tersebut sudah berada di pesawat yang akan membawanya ke Tanah Suci. Namun ketika berada di pesawat, dia tersadar kalau visa yang dipegangnya bukanlah visa resmi. Dia merasa ditipu oleh biro haji nakal hingga akhirnya memilih tak melanjutkan perjalanan ke Arab Saudi.

Maka dari itu, Baim Wong pun berpesan kepada masyarakat agar benar-benar teliti untuk mencari biro haji terpercaya. "Saya baru tahu di pesawat karena iket bukan ada di saya selama di airport. Kalau saya kasih statement, takut akan ada banyak orang yang akan gagal haji karena saya. Semoga sekarang bisa mengerti. Sekarang mau speak up, supaya kita bisa waswas ke depannya πŸ™- Hati-hati sama janji-janji Travel πŸ™-," tutup dia.

Jangan Sampai Tertipu, Teliti Pilih Biro Haji!

Kejadian demi kejadian biro haji penipu seperti berita rutin tiap kali musim haji tiba. Maka dari itu, kamu harus lebih teliti lagi Untuk tak tertipu, ada baiknya memang kamu jangan tergoda iming-iming harga murah. Untuk calon jamaah haji, diharapkan jangan tergoda dengan iming-iming harga miring. Ketua Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF), Priyadi Abadi mengatakan, sebagian masyarakat masih tergiur paket haji yang murah.

"Masyarakat kita masih senang tergiur dengan iming-iming harga murah yang dilakukan oleh okum agen travel. Mereka (agen travel) memberikan bonus, misalnya bayar tiga (bonus) berangkat satu atau memberikan harga yang tidak masuk akal, ini masyarakat kita seringkali masih terlena atas bujuk rayu harga murah dari oknum-oknum agen travel,” kata dia dikutip dari Kompas.

Tak hanya itu, kamu juga harus teliti ya sebelum menunjuk biro haji yang kamu percayai untuk menunjang ibadahmu. Caranya bagaimana? Cek izinnya. Biro haji resmi pasti memiliki izin dari Kementerian Agama. Setiap travel haji dan umroh pasti memiliki izin Pendirian Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Lebih afdol, agen travel tersebut merupakan anggota salah satu asosiasi agen travel, seperti Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF), Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), dan sebagainya.

Nah yang terakhir, biro haji resmi jelas saja memiliki kantor. Bahkan, kamu bisa mengeceknya secara langsung di website Kemenag. Kalau sudah dicek di situs Kemenag, tak ada, lebih baik cari yang lain.



Blog Post Lainnya
Contact Info
087878877684 Ocha
081380024649 Mayang
6281288311106 Afi
085922331010 Intan
admin@Wisatahalalindonesia.id
Alamat
Ruko Graha Cirendeu, Jl. Raya Cirendeu No.1D, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
Jl Pengairan, Jl. Kp. Utan Jl. Irigasi Baru, RT.006/RW.002, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17147
Point lab Co Working Space GRAHA POS INDONESIA, Lantai 6 Jl. Banda No.30, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
@2024 Wisata Halal Indonesia Inc.