June 5, 2024, 8:22 pm

Haji Plus Adalah Program dengan Masa Tunggu Minimal 5 Tahun

Haji Plus Adalah Program dengan Masa Tunggu Minimal 5 Tahun
JAKARTA - Ciri-ciri haji plus adalah, waktu tunggunya yang minimal lima tahun untuk para calon jemaah, meski tergantung pula dengan biaya yang dikeluarkan. Meski, secara umum biasanya masa tunggu bisa lebih dari lima tahun karena disesuaikan dengan kuotanya.

Haji plus adalah program ibadah haji yang secara resmi dari pemerintah. Program haji ini diselenggarakan oleh penyelenggara ibadah haji khusus dan visa dari kuota haji yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini tertuang di dalam Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2019.

Karakteristik utama Haji Plus adalah soal kuotanya. Haji Plus menggunakan kuota haji khusus yang disediakan oleh pemerintah Arab Saudi. Kuota ini berbeda dengan kuota haji reguler yang diperoleh melalui Kementerian Agama. Lalu soal biayanya. Biaya Haji Plus umumnya lebih mahal daripada haji reguler. Biaya ini mencakup ongkos penerbangan, akomodasi, konsumsi, visa, dan layanan lainnya.

Nah soal waktu tunggu, haji plus adalah yang paling tepat dibanding haji reguler. Sebagai solusi, umat Islam bisa memilih haji plus dengan waktu tunggu lebih cepat, tetapi biaya keberangkatan tak semahal haji furoda. Haji plus sendiri merupakan haji khusus yang diselenggarakan oleh biro travel resmi menggunakan kuota nasional. Waktu tunggu keberangkatannya pun berkisar antara 5 tahun hingga 7 tahun. Indonesia sendiri mendapatkan kuota 221.000 jemaah pada tahun 2024.

Durasi ibadah di Tanah Suci untuk haji khusus juga lebih cepat ketimbang haji reguler, yakni 19-26 hari berbanding 40 hari. Fasilitas yang didapat oleh jemaah haji plus dan reguler pun berbeda. Biasanya, penginapan bagi jemaah haji plus terletak tidak jauh dari Masjidil Haram, Mekkah, dan merupakan hotel berbintang.

Bagi umat Islam yang ingin menunaikan ibadah haji dengan masa tunggu yang lebih pendek dan fasilitas yang lebih lengkap, Haji Plus bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, perlu diingat bahwa biaya Haji Plus lebih mahal daripada haji reguler. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan kemampuan finansial sebelum memutuskan untuk memilih program Haji Plus.

Biaya Haji Plus Adalah USD 11 Ribu

Nah, berkaitan dengan waktu tunggunya, juga yang membedakan haji reguler dengan haji plus adalah biayanya. Dengan masa tunggu yang tidak terlalu lama, membuat biaya haji plus lebih mahal daripada haji reguler. Biaya haji ini mencapai 11.000 USD atau sekitar Rp 169,9 juta.

Meskipun biaya haji plus terbilang mahal, namun calon jemaah juga akan memperoleh fasilitas yang cukup baik. Tak cuma itu, haji plus biasanya menggunakan pesawat yang langsung atau direct ke Jeddah. Setelah mendaftarkan diri mengambil layanan haji plus, biasanya kamu setelah dua pekan akan langsung mendapatkan nomor porsi keberangkatan dan menariknya, bisa dicek secara online.


Blog Post Lainnya
Contact Info
087878877684 Ocha
081380024649 Mayang
6281288311106 Afi
085922331010 Intan
admin@Wisatahalalindonesia.id
Alamat
Ruko Graha Cirendeu, Jl. Raya Cirendeu No.1D, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
Jl Pengairan, Jl. Kp. Utan Jl. Irigasi Baru, RT.006/RW.002, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17147
Point lab Co Working Space GRAHA POS INDONESIA, Lantai 6 Jl. Banda No.30, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
@2024 Wisata Halal Indonesia Inc.