April 13, 2024, 8:57 am

Catat, Peraturan Imigrasi Bandara agar Kamu Tak Dicekal Imigrasi Negara Tujuan!

Catat, Peraturan Imigrasi Bandara agar Kamu Tak Dicekal Imigrasi Negara Tujuan!
JAKARTA - Mau traveling ke luar negeri? Kamu harus tahu dulu nih peraturan imigrasi bandara, salah-salah kamu bisa dicekal masuk, lho! Apalagi ga sedikit kasus wisatawan yang ingin traveling ke sebuah negara malah tertahan di Imigrasi negara tujuan.

Memang, ketika mau memasuki sebuah negara, kamu gak bisa main masuk begitu saja. Kamu harus melewati sejumlah tahapan, termasuk pemeriksaan di Imigrasi negara tujuan. Namun masalahnya, ada beberapa negara yang menerapkan peraturan imigrasi bandara yang cukup ketat, lho.

Terlebih, tak semua orang beruntung bisa lewat imigrasi karena satu dan lain hal. Makanya, penting banget buat kamu tahu penyebab apa aja yang bisa bikin kamu kena cekal di imigrasi bandara, supaya nantinya ngga sampai kejadian di kamu. Contohnya saja, ada salah satu pesera tour Wisata Halal Indonesia yang pernah dideportasi dari Uzbekistan karena ada halaman paspornya yang robek. Makanya, sayang banget kan kalau sampai hal ini terjadi kepada kamu.

Syarat imigrasi di bandara bisa bervariasi tergantung negara tujuan kamu Namun, secara umum, berikut adalah beberapa syarat imigrasi yang sering diperlukan. Salah satunya Paspor. Paspor kamu harus masih berlaku minimal enam bulan atau lebih (tergantung negara tujuan) pada saat kedatangan dan harus memiliki cukup halaman kosong untuk cap masuk.

Lalu, jika kau memerlukan visa untuk masuk ke negara yang dituju, pastikan kamu telah mengurusnya sebelum keberangkatan dan visa tersebut masih berlaku.Beberapa negara mungkin memerlukan kamu mengisi formulir imigrasi atau kedatangan. Formulir ini biasanya berisi informasi pribadi, alamat di negara yang dikunjungi, dan tujuan perjalanan Anda.

Kamu pun mungkin diminta untuk menunjukkan bukti keuangan yang menunjukkan kamu memiliki cukup dana untuk tinggal dan kebutuhan selama di negara tersebut, seperti rekening bank atau kartu kredit. Beberapa negara juga memerlukan bukti kamu memiliki tiket pulang atau lanjutan sebagai bukti kamu akan meninggalkan negara tersebut setelah masa tinggal Anda berakhir.

Persiapkan fotokopi paspor, visa, dan dokumen penting lainnya. Ini bisa sangat berguna jika Anda kehilangan dokumen asli. Beberapa negara juga mengharuskan kamu memberikan informasi kontak di negara yang dikunjungi, seperti alamat hotel atau tempat tinggal kamu selama di sana.

Kamu Bisa Dideportasi Kalau Tak Penuhi Peraturan Imigrasi Bandara dengan Beberapa Hal

Nah, kamu bisa dideportasi kalau tak memenuhi peraturan imigrasi bandara karena beberapa hal. Pertama terkait dokumen. Kamu bisa dipulangkan kalau paspor dan visa tak sah, seperti expired, rusak, atau tak memiliki cap masuk/keluar yang sah. Dokumen perjalanan yang tak lengkap, seperti tiket pesawat PP, bukti booking hotel atau bukti keungan tak memadai pun bisa jadi malapetaka.

Peraturan imigrasi Bandara lain yang tak boleh dilanggar ialah masalah melebihi masa tinggal yang diizinkan di suatu negara. Kamu juga tak boleh melanggar aturan imigrasi, yakni bekerja tanpa izin, terlibat kriminal, atau dianggap ancaman keamanan.

Masalah kesehatan pun bisa menjadi kendala, seperti adanya penyakit menular, atau kondisi kesehatan yang memerlukan perawatan khusus dan tak terjamin oleh negara tujuan. Kondisi ini bisa bikin kamu dideportasi kembali ke Indonesia.

Selain dari itu, keputusan otoritas imigrasi menjadi hal yang mutlak. Melanggar atau tidaknya kamu terkait peraturan imigrasi bandara, pihak imigrasi memiliki kewenangan untuk mencekal seseorang atas alasan tertentu yang tak disebutkan sebelumnya.



Blog Post Lainnya
Contact Info
087878877684 Ocha
081380024649 Mayang
6281288311106 Afi
085922331010 Intan
admin@Wisatahalalindonesia.id
Alamat
Ruko Graha Cirendeu, Jl. Raya Cirendeu No.1D, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
Jl Pengairan, Jl. Kp. Utan Jl. Irigasi Baru, RT.006/RW.002, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17147
Point lab Co Working Space GRAHA POS INDONESIA, Lantai 6 Jl. Banda No.30, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
@2024 Wisata Halal Indonesia Inc.